Jumat, 26 Juli 2019

Anak Generasi Maju adalah Cerminan dari Bunda Generasi Maju



Bunda pasti sudah tak asing lagi mendengar bahwa buah yang jatuh itu tidak akan jauh dari pohonnya Kata2 itu sekilas memberikan arti bahwa anak yang kita lahirkan, pasti akan mengikuti apa yang orang tuanya lakukan, Jika Orang tuanya mendidik anaknya dengan baik sejak dini pasti nanti anaknya menjadi anak yang taat aturan serta berbakti pada kedua orang tuanya Nah begitupun juga sebaliknya 

Jika orang tua tersebut tidak mendidik anaknya dengan benar pastinya tidak menutup kemungkinan anaknya menjadi anak yang pembangkang, dan hal2 negatif lainnya.Naudzubillah ya Bun ! 
Kita sebagai orang tua menginginkan anak2nya nanti menjadi Anak #GenerasiMaju kebanggaan Orang tua dan masyarakat. Nah tentunya seorang Ibu patutnya memberikan contoh yang baik untuk anak2 kita, Zaman sekarang wanita tugasnya tidak hanya di dapur,kasur dan sumur melainkan menjadi wanita yang cerdas di era milenial yang serba digital akan memberikan didikan yang baik untuk anak2 nya nanti. 

Karena seorang Ibu merupakan madrasah pertama untuk anak2 nya, Mulai dari hamil,melahirkan,sampai 1000 hari moment emas kehidupan anak.minimal Seorang Ibu memberikan perhatiannya yang lebih untuk anaknya, Langkah awalnya dengan memberikan nutrisi yang cukup pada 1000 hari moment emas kehidupan anaknya. 

Masa dimulai anak menerima limpahan kasih sayang, Nutrisi terbaik.Pembelajaran dini Berlanjut di usia 3-6 tahun Lalu lanjut ke 7-12 tahun Sampai anak tersebut paham dan mempraktekannya. Dan didikan dini itulah ada dimasa itu. Jadi kalau Bunda nya sudah Menjadi Bunda Generasi Maju otomatis Anak2 yang dilahirkan\ akan menjadi Anak Generasi Maju dimasa yang akan datang. 

Seorang anak yang sudah di didik sejak dini dengan baik oleh orang tuanya cenderung penurut dan lebih mendengarkan apa yang orang tuanya katakan. Berbanding terbalik dengan anak yang sejak masa kecilnya selalu diperlakukan tidak baik/kasar oleh orang tuanya. Karena mental akan dibentuk saat anak berusia minimal 2 tahun. Ketika orang tua memarahi anak meskipun si anak salah, dia hanya menganggap orang tuanya tidak menyayanginya. Sehingga tak menutup kemungkinan  mental anak tersebut menjadi penakut, pendendam bahkan hal2 buruk akan dibawanya sampai ia besar nantinya. 

Itulah sebabnya ketika para orang tua bertengkar atau adu mulut hendaknya si anak tidak boleh tahu atau dijauhkan dari pendengaran dan penglihatannya. Karena dimasa itu memori anak sangat tajam dan mudah sekali dipengaruhi oleh energi luar.

Baik buruknya anak tergantung dari cara mendidik kita sebagai orang tuanya. Jadi jika si anak nanti sudah besar dan ia mempunyai sifat buruk. Jangan langsung menyalahkanya. 

Tentu kita sebagai orang tuanya harus megintropeksi diri. Dan selalu berikan ia perhatian lebih karena anak yang mendapatkan pehatian lebih cenderung peduli terhadap sesama dibandingkan anak yang hanya mendapat sedikit kasih sayang.
Pada masa anak2 semua anak pasti ingin selalu dekat dengan Ibunya, selalu ingin bermain dengan kedua orang tuanya. Karena pada masa anak2 yang dibutuhkan sikecil ialah bisa bersama2 dengan orang tuanya. 

Ketika anak kita sudah besar kelompok bermainnya pun juga akan berbeda jadi selama masih kecil selalu limpahkan kasih sayang kepada anak kita yuk.
Kita sebagai Bunda harus menjadi Bunda Generasi Maju agar anak2 yang kita lahirkan menjadi Anak Generasi Maju dimasa yang akan datang.

Karena kita sebagai Orang tua memiliki peranan penting untuk menjadikan anak2 kita Generasi yang hebat serta bisa menjadi kebanggaan untuk bangsa dan tanah air.dan anak2 kita adalah penerus kita dimasa depan.

Pastinya bukan karena didikan saja seorang anak bisa menjadi Anak Generasi Maju. Nutrisi yang tepat serta gizi yang seimbang memberikan nilai plus bagi si anak. Apalagi kita sebagai Orang tuanya berperan aktif dalam memberikan nutrisi yang tepat untuk anak kita. Betul kan Bun ?
Dengan memberikan makanan bersumber kalori yang tinggi serta karbohidrat yang mencukupi anak akan cenderung  lebih aktif bermain dari pada anak yang hanya diberikan makanan yang sedikit jumlah kalorinya. 

karena meskipun si anak tidak meminta kita sebagai orang tuanya sadar diri terlebih dahulu mengingat moment emas anak ada ditangan kita. jadi selagi dini berikan asupan yang memenuhi 4 sehat 5 sempurna untuk menunjang pertumbuhan dan keaktifan si anak. 

salah satu makanan 4 sehat 5 sempurna ialah

1.Makanan pokok 
Makanan yang diperlukan tubuh sebagai sumber energi tubuh. Yaitu jenis Makanan yang memiliki kandungan sumber energi tubuh. Makanan tersebut yang karbohidrat seperti nasi, jagung, gandum, kentang, oat dam umbi-umbian. 

2.Lauk pauk
Lauk pauk aialah  makanan pokok pendamping yang berfungsi sebagai sumber zat pembangun untuk tubuh. Makanan lauk pauk biasanya memiliki kandungan protein seperti telur, daging, ikan, tahu dan tempe.

3.Sayur-sayuran
Sayur-sayuran  sangat baik untuk kesehatan tubuh baik dimasa pertumbuhan dan perkembangan dan juga dalam menjaga daya tahan tubuh agar selalu terjaga kesehatannya. Sayuran yang baik adalah sayuran yang berwarna hijau dengan kandungan vitamin, serat dan protein nabati. Sayuran yang banyak digunakan karena banyak manfaatnya adalah bayam, brokoli, tomat, terong dan sayuran hijau lainnya. 

4.Buah-buahan
Buah-buahan merupakan makanan yang kaya akan vitamin dan mineral dengan kandungan air yang tinggi juga serat yang baik untuk kesehatan pencernaan dan hampir semua buah berperan dalam kesehatan tubuh dan menjaganya agar tubuh tetap sehat dan bugar.

5.Susu
Susu adalah pelengkap makanan 4 sehat yang telah disebutkan diatas sebagai penyempurna dakam melengkapi kesehatan tubuh. banyak sekali ya Bun nutrisi yang dibutuhkan seorang anak yang berada di rentan usia 2-5 tahunan hal ini untuk mendukung si kecil anak tetap sehat dan akti serta menjadi Anak Generasi Maju dimasa yang akan datang. jadi penuhi gizinya mulai dari sekarang yuk....!!
Bunda Generasi maju akan selalu menjadikan anak2 nya mejadi Anak Generasi Maju. Karena jika bukan kita para orang tua yang menjadikan anak2 kita hebat siapa lagi ? Ayo jadikan anak2 kita, anak2 didik kita sebagai penerus keberhasilan di masa depannya. Masa penentu anak kita berhasil dan mempunyai mental yang baik ada di tangan kita. Anak adalah asset yang harus dijaga kesuciannya, kemurniannya karena jika kita menuntun kejalan yang benar anak2 kita menjadi sumber cahaya kita didunia dan di akhirat kelak. Pastikan juga didikan yang kita berikan sesuai dengan syariat Agama kita. Terus limpahkan kasih sayang kita.
Anak2 kita adalah penyambung amal ketika kita sudah tiada. Doa anak sholeh dan sholeha akan diijabah oleh Allah Swt. Dan doa orang tua terhadap anak2 nya bagaikan pedang yang menembus langit. Allah akan mengabulkan doa orang tua pada anak2nya. Jadi yuk saling mendoakan untuk kebaikan anak2 kita. Jadikan kita sebagai Bundanya menjadi panutan ketika ia sudah besar.
Bunda Generasi Maju akan mendidik anak2 nya mejadi Anak Generasi maju sesuai 5 potensi prestasi anak Generasi M aju yakni 
1.Aktif dan kreatif
2.Percaya diri
3.Mandiri
4.Supel
5.Tumbuh tinggi dan kuat

Jadi, sudahkah kita mengambil peran menjadi Bunda Generasi Maju untuk anak2 kita ???

Jika belum yuk segera ambil peran kita dan mulai didik serta beri kasih sayang anak2 kita dimulai dari 1000 hari pertama kehidupannya sampai moment emasnya dan anak2 kita tumbuh menjadi Anak Generasi Maju kebanggaan keluarga. Masyarakat dan Negara.

Aamiin Allahumma Aamiin ! 



1 komentar:

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    BalasHapus

Menjadi Guru untuk Kak Rafa di Rumah agar Menjadi Anak Generasi Maju

Assalamualaikum Bunda Mombassador SGM Eksplor yang mempunyai Anak Generasi Maju, bagaimana kabar hari ini ? mudah-mudahan dalam keadaan seha...